KKN-PPM 2017: Sebanyak 1846 mahasiswa Universitas Bung Hatta akan disebar ke 5 (lima) kabupaten di Sumatera Barat, yakni Kabupaten Tanah Datar, Agam, Padang Pariaman, Pesisir Selatan, dan Solok.

Minggu, 04 Mei 2014 - 08:40:30 WIB

1516 Mahasiswa Peserta KKN-PPM UBH 2014 Ikuti Pembekalan

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Seputar KKN - Dibaca: 2 kali


Sebanyak 1516 mahasiswa Universitas Bung Hatta mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata-Pemberdayaan Pembelajaran Masyarakat (KKN-PPM) Hatta tahun 2014 dengan mengangkat tema kita berdayakan masyarakat dalam revitalisasi koperasi dan penanggulangan bencana. Pembekalan ini bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Prokamator I Universitas Bung Hatta, Sabtu (03/04/2014).

Ir. Indra Khaidir, MSc Ketua Pengelola KKN-PPM Universitas Bung Hatta tahun 2014 mengatakan KKN-PPM tahun ini merupakan penyelenggaraan KKN untuk periode ke-4 di Universitas Bung Hatta yang akan dilaksankan pada 07 Juli-13 Agustus 2014 mendatang. Selain mahasiswa, dosen pendamping lapang dan kordinator kabupaten/kota juga mengikuti pembekalan agar lebih terkoordinir dan dapat sejalan saat pelaksanaan KKN di lapangan. 

"Pembekalan tersebut diharapkan mahasiswa yang akan mengikuti KKN-PPM mendapat bekal yang berharga baik itu dalam kegiatan pra lapangan, dilapangan serta pasca lapangan. Secara garis besar terdapat dua jenis KKN yang akan dilaksanakan Universitas Bung Hatta pada tahun 2014 yaitu KKN Reguler (KKN-PPM) dan KKN Tematik yang merupakan KKN yang berasal dari dana hibah PKM Dikit, KKN Posdaya, KKN Bencana dan lainnya,” ujarnya.

Menurutnya mahasiswa tersebut akan disebar ke 51 kenagarian di enam Kabupaten/Kota, yakni Kabupaten Tanah Datar sebanyak 327 mahasiswa pada 11 nagari seperti nagari Pangian, Taluak, Lubuk Jantan, Supayang, Tabek Patah, Talang Tangah, Tanjung Alam, Pagaruyung, Singgalang dan Atar. Untuk Kabupaten Agam sebanyak 294 mahasiswa pada 10 nagari seperti di nagari Tiku Limo Jorong, Tiku Selatan, Tiku utara,Panta Pauh, Matua Hilir, Parik Panjang, Matua Panjang, Geragah, Kampung Tangah, Lubuk Basung.

“Kemudian untuk Kabupaten Padang Pariaman sebanyak 358 pada 12 nagari seperti di nagari Lubuk Alung, Sikabung Lubuk Alung, Pakandangan, Toboh Ketek, Koto Tinggi, Gadur, Kayu Tanam, anduring, Kapalo Ilalang, Kuranji Hulu Sei Sirih, Batu Gadang,” ucapnya.

Ia menambahkan untuk Kabupaten Solok sebanyak 267 mahasiswa pada 9 nagariseperti di nagari Batu Bajanjang, Selayo Tanang Bukik Sileh, Batu Banyak, Limau Lunggo, Koto Lawh, Koto Anau, Kinari, dan Bukik Tandang. Untuk Kota Padang Panjang sebanyak 240 mahasiswa pada 8 kelurahan seperti di kelurahan Gantiang, Koto Panjang, Ktoa Katik, Sigando, Bukik Surung, Kampung Manggis, Silaing bawah dan Balai-Balai. Untuk Kota Padang sebanyak 30 mahasiswa pada kelurahan Bungus Teluk kabung.

“Pelaksanaan pembekalan tahun ini terdapat dua tahap yaitu tahap pertama pembekalan umum pada 03 Mei 2014 untuk wilayah Kabupaten Padang Pariaman dan Kabupaten Agam, pada 04 Mei 2014 untuk wilayah Kabupaten Tanah Datar dan Kota Padang Panjang dan pada 10 Mei 2014 untuk wilayah Kota Padang dan Kabupaten Solok," sebutnya.

Kemudian untuk tahap kedua pembekalan tematik bersama dosen pendamping lapangan padal 04 Mei 2014 untuk wilayah Kabupaten Padang Pariaman dan Kabupaten Agam, pada 10 Mei 2014 wilayah Kabupaten Tanah Datar, Kota Padang Panjang, Kota Padang dan Kabupaten Solok.

 "Kita menghimbau untuk mengetahui informasi mengenai pelaksanan KKN dan yang lainya mahasiswa dapat terus mengunjungi website kkn.bunghatta.ac.id, grup Facebook Posko KKN-PPM UBH 2014 dan Twitter @beritabunghatta," tambahnya. 

 Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA saat menyampaikan pada pelaksanaan KKN-PPM tahun 2014 ini harus berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dan para mahasiswa harus mempertajam keahlian dan berpikir kreatif serta inovatif.

 "Para mahasiswa ini sebagai generasi tumpuan Universitas bung hatta saat berada di lapangan saat pelaksanaan KKN, untuk itu para mahasiswa harus melaksankannya dengan sebaik-baiknya, dapat menjaga nama institusi, Kemudian yang terpernting mahasiswa dapat menjaga kesehatannya dan keselamatannya, selain itu kampus juga memberikan asuransi selama pelaksanaan KKN hingga akan disediakan Puskesmas rujukan bila ada mahasiswa yang sakit," imbuhnya. 

Dalam pembekalan ini diberikan materi-materi mengenai Filosogi pelaksanaan KKN, Pelaporan dan Penilaian oleh Ir. Indra Khaidir, M.Sc, Dr. Elfiondri, S.S., M.Hum, Dr. Hendra Suherman, ST, MT, Mitigasi Bencana oleh Ir. Indra Farni, MT dan mengenai Pos Daya serta Revitalisasi Koperasi oleh Ir. Eddy Soesilo, M.Eng. (**Ubay-Humas UBH)


 

 

Informasi Terkait: